Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemitraan untuk Memperkuat SDGs Desa dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Kemitraan untuk Memperkuat SDGs Desa dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Kemitraan untuk Memperkuat SDGs Desa dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Edukasi Desa - Kemitraan untuk Memperkuat SDGs Desa dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Paiman Raharjo, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap program Sustainable Development Goals (SDGs) Desa yang telah memberikan kontribusi besar dalam pembangunan desa di Indonesia. Sejak dimulai pada tahun 2020, SDGs Desa telah membawa banyak kemajuan dan perubahan positif untuk desa-desa di seluruh wilayah.

SDGs Desa: Pilar Utama Pembangunan Desa yang Berkelanjutan

SDGs Desa merupakan pilar utama dalam pembangunan desa yang berkelanjutan di Indonesia. Program ini telah membantu meningkatkan kualitas hidup penduduk desa serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata di seluruh wilayah. Berbagai inisiatif dan program yang dilaksanakan dalam SDGs Desa telah memberikan dampak positif, termasuk meningkatnya kesejahteraan warga dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) desa.

Kemitraan sebagai Kunci Sukses SDGs Desa

Wamen Paiman menekankan pentingnya kemitraan antara kementerian dan lembaga terkait dalam membangun desa. Dia meyakini bahwa dengan memperkuat kemitraan ini, tujuan pembangunan mulai dari kesejahteraan warga hingga peningkatan kualitas SDM dapat lebih cepat terwujud secara merata di seluruh pelosok desa di Indonesia. Kemitraan yang kuat akan menciptakan sinergi lintas sektor untuk memajukan dan menyejahterakan desa secara berkelanjutan.

International Conference on Sustainable Rural Development

Dalam upaya mendorong kemitraan dan sinergi lintas sektor, Wamen Paiman membuka International Conference on Sustainable Rural Development dengan tema "Strengthening SDGs Desa as A Strategic Effort for Sustaining National Economic Resilience". Konferensi ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 25 hingga 27 Juli 2023, dan dihadiri oleh berbagai narasumber yang kompeten di bidang pembangunan berkelanjutan.

Narasumber dan Peserta Konferensi

Konferensi ini akan melibatkan sejumlah narasumber dari berbagai bidang, termasuk Manager Pilar Keadilan dan Tata Kelola SDGs Indonesia di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapennas) Indriana Nugraheni, Social Policy Specialist UNICEF Ratnawati Muyanto, Regional Development Policy Adviser for Sulawesi Region JICA Shintani Naoyuki, dan Team Leader of Outreach AIESEC in UIN Jakarta Devindra Irsyan Fahrezi. Partisipasi berbagai pihak diharapkan dapat memberikan pandangan luas dan mendalam tentang strategi untuk memperkuat SDGs Desa.

Capaian SDGs di Indonesia

Diketahui bahwa Indonesia telah menjadi salah satu dari 193 negara yang berkomitmen untuk mewujudkan pencapaian agenda global pada tahun 2030. Saat ini, implementasi pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Indonesia telah berlangsung selama hampir 8 tahun. Capaian keseluruhan SDGs di Indonesia telah mencapai 69,16 persen dari seluruh tujuan pembangunan berkelanjutan global. Capaian ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa karena berhasil meningkatkan peringkat Indonesia dari posisi 97 pada tahun 2021 menjadi posisi 82 pada tahun 2022.

Capaian SDGs Desa

Sementara itu, capaian SDGs Desa hingga tahun 2023 mencapai 45,47 persen. Capaian tertinggi dari program ini adalah pada tujuan SDGs ke-7 yakni Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan, diikuti oleh tujuan ke-16, Desa Damai dan Sejahtera, tujuan ke-1 Desa Tanpa Kemiskinan, dan tujuan ke-18 yakni Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif. Capaian ini menunjukkan kesungguhan pemerintah dalam mewujudkan pembangunan desa yang berkelanjutan dan berdaya saing.

Harapan Masa Depan untuk SDGs Desa

Wamen Paiman menyampaikan harapannya bahwa melalui International Conference on Sustainable Rural Development, SDGs Desa akan semakin mendapatkan perhatian dan dukungan yang lebih luas, baik dari tingkat nasional maupun internasional. Dengan demikian, peluang bagi desa-desa di Indonesia untuk mendapatkan bantuan dan dukungan dalam pembangunan akan semakin terbuka. Wamen Paiman optimis bahwa melalui kemitraan dan sinergi antarlembaga, pembangunan desa di Indonesia akan semakin berkembang pesat dan berdaya saing, menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat desa.

Pemerintah dan Masyarakat Bersatu untuk Mewujudkan SDGs Desa

Acara ini dihadiri oleh berbagai perwakilan pemerintah, akademisi, praktisi pembangunan, dan masyarakat yang berkomitmen untuk mewujudkan SDGs Desa. Dengan kerjasama yang erat dan komitmen yang kuat, diharapkan pembangunan desa yang berkelanjutan akan semakin terwujud, mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata, dan meningkatkan kualitas hidup penduduk desa secara keseluruhan.

SDGs Desa telah membawa banyak kemajuan bagi pembangunan desa di Indonesia sejak dimulai pada tahun 2020. Kemitraan antarlembaga dan dukungan dari berbagai sektor menjadi kunci kesuksesan dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan. Dalam International Conference on Sustainable Rural Development, narasumber dan peserta akan berdiskusi untuk mengembangkan strategi.

Sumber :
https://kemendesa.go.id/

Posting Komentar untuk "Kemitraan untuk Memperkuat SDGs Desa dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan"