Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menuju Indonesia Bugar 2045: Deputi Pembudayaan Olahraga Menpora RI Bahas Peran Desain Besar Olahraga Nasional dalam ISPESH 2023

Menuju Indonesia Bugar 2045: Deputi Pembudayaan Olahraga Menpora RI Bahas Peran Desain Besar Olahraga Nasional dalam ISPESH 2023

Menuju Indonesia Bugar 2045: Deputi Pembudayaan Olahraga Menpora RI Bahas Peran Desain Besar Olahraga Nasional dalam ISPESH 2023

Edukasi Desa - Menuju Indonesia Bugar 2045: Deputi Pembudayaan Olahraga Menpora RI Bahas Peran Desain Besar Olahraga Nasional dalam ISPESH 2023 - International Seminar Physical Education, Sport, and Health (ISPESH) yang diselenggarakan secara virtual dari Jakarta, Deputi Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, menjadi pembicara utama. Dalam seminar internasional tersebut, Deputi Isnanta membahas tentang Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan pentingnya mewujudkan Indonesia bugar 2045. Artikel ini akan mengulas poin-poin penting dari presentasi Deputi Isnanta serta tujuan dan fungsi dari DBON.

1. Tujuan DBON untuk Meningkatkan Budaya Olahraga di Masyarakat

Dalam seminar tersebut, Deputi Isnanta menyoroti tujuan utama dari DBON, yaitu untuk meningkatkan budaya olahraga di masyarakat. Dengan memperkuat budaya olahraga, diharapkan masyarakat Indonesia akan lebih sadar akan pentingnya gaya hidup sehat melalui berolahraga secara teratur.

2. Meningkatkan Kapasitas, Sinergitas, dan Produktivitas Olahraga Prestasi Nasional

DBON juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, sinergitas, dan produktivitas dalam olahraga prestasi nasional. Dengan melakukan hal ini, Indonesia berharap dapat bersaing secara lebih efektif di tingkat internasional dan menghasilkan lebih banyak atlet berkualitas yang mampu meraih prestasi gemilang di ajang olahraga dunia.

3. Memajukan Perekonomian Nasional Berbasis Olahraga

Perpres 86 Tahun 2021 juga bertujuan untuk memajukan perekonomian nasional dengan berbasis pada sektor olahraga. Dengan mengembangkan industri olahraga yang lebih kuat, diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor terkait.

4. Pedoman bagi Pemerintah Pusat/Daerah dan Seluruh Stakeholder Terkait

Deputi Isnanta menekankan bahwa DBON memiliki peran sebagai pedoman bagi pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta organisasi cabang olahraga dan seluruh pihak terkait dalam penyelenggaraan keolahragaan nasional. Dengan adanya panduan yang jelas, pembangunan keolahragaan nasional diharapkan dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

5. Mewujudkan Indonesia Bugar 2045 melalui Kolaborasi Efektif

Sebagai bagian dari tujuan besar Indonesia, Deputi Isnanta menyatakan bahwa mewujudkan Indonesia bugar 2045 memerlukan kolaborasi yang efektif dari semua pihak. Salah satu langkah yang akan diambil adalah meluncurkan gerakan masif "ayo olahraga" di sekolah-sekolah dengan menghidupkan kembali praktik senam. Peran guru penjas dianggap sangat penting dalam membentuk karakter pelajar.

6. Meningkatkan Kompetisi dan Festival Olahraga di Kalangan Pelajar

Deputi Isnanta mendorong peningkatan jumlah kompetisi dan festival olahraga di kalangan pelajar. Dengan menyediakan lebih banyak kesempatan untuk berkompetisi, generasi penerus bangsa akan terstimulasi untuk bergerak dan berolahraga secara aktif.

7. Menyiapkan SDM Unggul dan Meningkatkan Literasi

Deputi Isnanta juga menyoroti pentingnya persiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam menghadapi tantangan global di bidang olahraga, termasuk industri olahraga dan pariwisata olahraga. Selain itu, peningkatan literasi di bidang olahraga juga menjadi hal penting dalam menciptakan kesadaran akan manfaatnya bagi masyarakat.

Seminar internasional ISPESH 2023 memberikan kesempatan bagi Deputi Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, untuk menyampaikan pentingnya Perpres 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). DBON memiliki peran strategis dalam meningkatkan budaya olahraga, memajukan perekonomian berbasis olahraga, dan mewujudkan Indonesia bugar 2045. Kolaborasi antara pemerintah, sekolah, dan seluruh stakeholders terkait menjadi kunci untuk mencapai tujuan ambisius ini. Dengan melibatkan lebih banyak kompetisi dan festival olahraga di kalangan pelajar, serta meningkatkan literasi dan persiapan SDM, Indonesia berharap dapat mencapai posisi yang lebih unggul dalam dunia olahraga global.

Sumber :
https://www.kemenpora.go.id/

Posting Komentar untuk "Menuju Indonesia Bugar 2045: Deputi Pembudayaan Olahraga Menpora RI Bahas Peran Desain Besar Olahraga Nasional dalam ISPESH 2023"