Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman Peringatan HUT Ke-78 RI Tahun 2023: Merayakan Kemerdekaan dengan Semangat Patriotisme

Pedoman Peringatan HUT Ke-78 RI Tahun 2023: Merayakan Kemerdekaan dengan Semangat Patriotisme

Pedoman Peringatan HUT Ke-78 RI Tahun 2023: Merayakan Kemerdekaan dengan Semangat Patriotisme

Edukasi Desa - Pedoman Peringatan HUT Ke-78 RI Tahun 2023: Merayakan Kemerdekaan dengan Semangat Patriotisme - Pada tahun 2023, bangsa Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 kemerdekaannya. Sebagai momen bersejarah bagi seluruh warga negara, peringatan HUT Ke-78 RI diharapkan menjadi momentum untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan dan menguatkan semangat patriotisme dalam diri setiap generasi Indonesia. Dalam rangka memperingati acara bersejarah ini, Menteri Sekretaris Negara telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang berisi pedoman peringatan HUT Ke-78 RI tahun 2023. Berikut adalah isi dari pedoman tersebut:

Memasang Dekorasi dan Hiasan

Sejak tanggal 20 Juni 2023, seluruh masyarakat diharapkan untuk memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho, atau hiasan lainnya di lingkungan masing-masing. Penggunaan logo HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 dan desain turunannya harus mengacu pada pedoman yang dapat diunduh dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id).

Mengimplementasikan Logo dan Desain

Turunan Logo dan desain turunan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 harus diimplementasikan secara maksimal dalam berbagai bentuk media. Media tersebut meliputi desain atau tampilan situs dan media sosial, tayangan pada media televisi dan daring, dekorasi bangunan, kendaraan umum dan dinas, produk suvenir, serta media publikasi cetak dan elektronik lainnya. Setiap instansi atau lembaga diharapkan menggunakan logo dan desain tersebut sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing.

Mengibarkan Bendera Merah Putih

Pengibaran Bendera Merah Putih harus dilakukan secara serentak di lingkungan masing-masing mulai tanggal 1 hingga 31 Agustus 2023. Bendera Merah Putih merupakan simbol kesatuan dan semangat perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.

Menyelenggarakan Program dan Kegiatan

Beragam program dan kegiatan harus diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan Bulan Kemerdekaan. Kegiatan dapat dilakukan baik secara daring (online) maupun luring (offline) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Semangat kemerdekaan dan patriotisme diharapkan dapat tercermin dalam setiap program yang diadakan.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi

Pada tanggal 17 Agustus 2023, pukul 10.17 hingga 10.20 WIB, seluruh kegiatan dihentikan selama 3 menit. Saat itu, seluruh warga Indonesia diminta untuk berdiri tegap sambil menghormati peringatan Detik-Detik Proklamasi. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya akan dikumandangkan secara serentak di berbagai lokasi dan daerah.

Mendukung Pelaksanaan Peringatan

Untuk mendukung pelaksanaan poin kelima, jajaran TNI dan Polri, serta kantor-kantor instansi pemerintah maupun swasta diinstruksikan untuk memperdengarkan sirine atau suara penanda lainnya sebelum Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan. Hal ini bertujuan agar seluruh kegiatan dapat berhenti dengan tepat pada waktu yang ditentukan.

Peringatan HUT Ke-78 RI Tahun 2023 diharapkan akan menjadi momen yang berkesan bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan mengikuti pedoman peringatan ini, kita dapat menunjukkan rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme yang tinggi, serta mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan dan kejayaan bangsa. Semoga semangat peringatan HUT Ke-78 RI Tahun 2023 akan terus menggelora dalam setiap langkah ke depan untuk membangun Indonesia yang lebih maju dan bermartabat. 

Download dokumen Penyampaian Tema, Logo Peringatan HUT RI ke 78 DISINI

Posting Komentar untuk "Pedoman Peringatan HUT Ke-78 RI Tahun 2023: Merayakan Kemerdekaan dengan Semangat Patriotisme"