Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Undangan Pernyataan Berminat Pengadaan Jasa Konsultasi Development Platform Digital Marketplace Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD)

Undangan Pernyataan Berminat Pengadaan Jasa Konsultasi Development Platform Digital Marketplace Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD)

Undangan Pernyataan Berminat Pengadaan Jasa Konsultasi Development Platform Digital Marketplace Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD)

Edukasi Desa - Undangan Pernyataan Berminat Pengadaan Jasa Konsultasi Development Platform Digital Marketplace Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) - Di Indonesia, desa memiliki peran strategis dalam pembangunan dan pengembangan daerah. Untuk mendukung pertumbuhan dan kesejahteraan desa, pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) telah melaksanakan berbagai program, termasuk penggunaan Dana Desa yang bersumber dari APBN sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa). Salah satu elemen penting dalam meningkatkan kualitas belanja desa adalah pendampingan berkualitas yang diberikan kepada masyarakat desa. Pendampingan ini telah dijalankan sejak tahun 2015 dan terus berlanjut hingga saat ini, dengan pedoman yang diatur dalam Peraturan Menteri Desa PDTT.

Pendampingan Profesional dalam Peningkatan Kualitas Belanja Desa

Pendampingan dilakukan melalui Tenaga Pendamping Profesional yang mengacu pada pedoman umum pendampingan masyarakat desa. Tujuan utama dari pendampingan ini adalah untuk memberikan bantuan dan arahan kepada masyarakat desa dalam mengelola Dana Desa secara efektif dan efisien. Pendamping profesional bertugas membantu dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan program dan kegiatan yang didanai oleh Dana Desa.

Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD)

Sebagai langkah lanjutan untuk meningkatkan kualitas belanja desa, Kemendesa PDTT telah menginisiasi Program P3PD sejak tahun 2020. Program ini dibiayai oleh pinjaman dari Bank Dunia dan bertujuan untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan di tingkat desa. P3PD memiliki komponen yang mencakup penguatan kelembagaan pemerintah desa, mendorong pembangunan desa partisipatif, perbaikan kinerja desa berbasis insentif, dan koordinasi serta pemantauan nasional.

Tantangan dan Solusi dalam Pendampingan

Untuk meningkatkan efektivitas pendampingan, khususnya pada Sub Komponen 2A dan 2C2 dari Program P3PD, adopsi teknologi berperan penting. Peningkatan sistem pengelolaan Dana Desa dan perencanaan pembangunan desa dapat dimaksimalkan melalui sistem tracking digital dan aplikasi berbasis digital. Pusat Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Pusat PPMDDTT) serta Pusat Pengembangan Daya Saing, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi terlibat dalam mengembangkan inovasi dan pembelajaran melalui sistem digital, termasuk program Smart Village.

Menghubungkan Profesional dengan Desa Melalui Teknologi

Salah satu solusi untuk meningkatkan pengelolaan Dana Desa dan perencanaan pembangunan desa adalah dengan menghubungkan desa sebagai objek pembangunan dengan profesional melalui aplikasi berbasis digital. Pengembangan sistem marketplace dapat memberikan wadah bagi lembaga konsultan ahli untuk berinteraksi dengan desa secara elektronik. Hal ini akan membantu desa dalam merencanakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan RPJMDesa (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa).

Kriteria Pemilihan Konsultan

Proses seleksi konsultan untuk mendukung pelaksanaan P3PD memerlukan sejumlah kriteria yang ketat. Konsultan yang terpilih harus memiliki pengalaman dalam pengembangan teknologi informasi, sumber daya manusia yang kompeten, rekomendasi dari klien sebelumnya, kemampuan menyediakan dukungan teknis, dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. Selain itu, konsultan harus bersedia untuk bekerja sama dengan Kemendesa dalam pengawasan dan pelaporan progres proyek serta menyerahkan hak cipta dan kekayaan intelektual hasil proyek kepada Kemendesa.

Masa Depan Lebih Terang untuk Desa

Melalui pendampingan berkualitas dan adopsi teknologi, pengelolaan Dana Desa dan pembangunan desa di Indonesia memiliki masa depan yang lebih terang. Dukungan dari pihak profesional melalui aplikasi berbasis digital dapat memperkuat perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan desa. Program P3PD menjadi tonggak penting dalam memajukan tata kelola pemerintahan desa dan mendorong kesejahteraan masyarakat desa secara berkelanjutan. Dengan sinergi antara teknologi, profesionalisme, dan partisipasi masyarakat desa, Indonesia dapat membangun desa-desa yang lebih maju dan sejahtera.

Download Undangan Untuk Memasukan Pernyataan Berminat Pengadaan Jasa Konsultasi Development Platform Digital Marketplace Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) 

DISINI

sumber :
https://www.kemendesa.go.id/

Posting Komentar untuk "Undangan Pernyataan Berminat Pengadaan Jasa Konsultasi Development Platform Digital Marketplace Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD)"